Dasarata, Dersanala dan Destarastra

Friday, May 15, 2015

Dasarata

 Dasarata adalah seorang raja penguasa Negara Ayodya, Sang Prabu punya 3 orang istri Yakni Dewi Raghu, Dewi Sumitra, dan Dewi Kekayi. Dari ketiga orang istri ini lahirlah 4 orang satria, yaitu Ramawijaya, Lesmana Murdaka, Barata, dan Santrugna., Prabu Dasarata meninggal karena hatinya sedih, tersebutlah pada waktu itu Rama akan diwisuda jadi putra mahkota namun datanglah Dewi Kekayiibu Raden Barata menagih janji. Hari yang telah lampau Dewi Kekayi punya janji ia mau diperistri kalau nanti ia melahirkan anak laki-laki harus dapat menggantikan tahta Prabu Dasarata, dari inilah kesedihan Dasarata dibawa hingga mati.

Dersanala

 Dewi Dersanala/Batari Dersanala sebangsa bidadari putra Batara Brama, pada suatu ketika sang dewi telah disunting oleh Arjuna, kebahagiaan rumah tangga mereka terkena musibah tatkala Prabu Dewasrani ingin mempersuntingnya. Dengan pertolongan Batari Durga, Dewasrani berhasil membawa kabur Dersanala, namun dalam perjalanan Dersanala melahirkan bayi yang kemudia dibuang oleh Batara Brama ke dalam kawah Candradimuka. Namun keelokan yang terjadi bayi tidak mati malah menjadi dewasa dan oleh Semar diberi nama Wisanggeni, ksatria ini berhasil mengembalikan keutuhan rumah tangga Dersanala dan Janaka.

Destarastra

Destarastra adalah putra Begawan Abiyasa, toko ini punya cacat mata, ia pernah menjadi penguasa di Astina ketika Prabu Pandu meninggal dan Pandawa masih kecil-kecil, namun dengan kelicikan Patih Sengkuni Astina jatuh ketangan Duryudana putera Destarastra sendiri. Adipati Destarastra punya anak seratus orang yang terkenal dengan sebutan Sata Kurawa. Namun para kurawa akhirnya mati dalam ganasnya perang Baratayuda, Destarastra sendiri juga meninggal setelah mengetahui nasib anak-anaknya, ia sudah tua dan pergi bertapa ke huta yang ketika itu musim kemarau hutanya terbakar Destarastra pun ikut terbakr bersama istrinya dan Dewi Kunti.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading