Gandamana, Gandawati dan Gangga

Tuesday, May 19, 2015

Gandamana

 Gandamana adalah putera Prabu Gandabayu seoarang raja di Negara Pancala, Raden Gandamana seorang ksatria yang sakti dan mampu membentengi negaranya dari ancaman musuh, terbukti dalam perkawinan kakaknya Dewi Gandawati banyak raja yang melamarnya namun Gandamana yang mampu mengalahkan raja-raja yang mengancam kedamaian Negara Pancala. Dan terpilihlah suami bagi Dewi Gandawati, yakni Raden Sucitra yang kemudian menggantikan tahta ayahnya dengan bergelar Prabu Drupada. Pada sayembara yang kedua Gandamana harus mati untuk mencarikan jodoh kemenakannya Dewi Drupadi, Gandamana perang melawan Bratasena akhirnya Gugur Terkena kuku Pancanaka.

Gandawati

 Gandawati adalah kakak Raden Gandamana, putera Prabu Gandabayu, sang Dewi menjadi istri Raden Sucitra yang kemudian bergelar Prabu Drupada awal perkawinannya denganSucitra Dewi Gandwati banyak yang melamarnya terutama para raja Negeri seberang dan ksatria tanah Jawa namun semuanya dapat dipukul mundur oleh kesaktian Raden Gandamana, tak ketinggalan Prabu Baladewa juga berhasil dikalahkan oleh Gandamana hingga badannya jatuh terjepit gunung. Gandawati hanya melahirkan seorang puteri yang terkenal dengan nama Dewi Wara Srikandi, seorang prajurit wanita titisan Dewi Amba.

Gangga


Gangga/Batari Dewi Gangga adalah seorang bidadari kayangan Suralaya yang pada waktu itu menerima kutukan dewa harus hidup di Mayapada menjadi permaesuri Prabu Sentanu peguasa Negara Astina, ketika itu Batari Gangga melahirkan anak sampai tujuh kali dan dibuang ke sungai Gangga, namun yang kedelapan kali oleh Prabu Sentanu tak boleh dibuang, namun menjadikan kemarahan Dewi Gangga yang akhirnya ia meninggalkan Prabu Sentanu, mengasuh putera yang masih bayi, Dewi Gangga kembali ke kayangan menjadi bidadari kembali, putera tersebut dikemudian hari terkenal dengan nama Dewabrata/Begawan Bhisma.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading