Jakajatus, Jakapuring dan Jambumangli

Sunday, May 24, 2015

Jakajatus

 Jakajatus adalah kisah seorang anak ontang-anting yang tidak punya saudara dan ibu bapak, dalam cerita Murwakala Jakajatus adalah termasuk golongan anak yang terkena Sukerta hal ini menjadi Batara Kala selalu mengejar-ngejarnya dan akan memangsanya, namun dengan kepandaiannya Jakajatus selalu bisa lolos dari incaran Batara Kala. Yang akhirnya Jakajatus diruwat oleh dalang Kandabuwana jilmaan Batara Wisnu sehingga ia terbebas dari ancaman Batara Kala.

Jakapuring

 Jakapuring adalah Patih Medangkamulan patihnya Prabu Srimahapunggung. Sewaktu menjadi Patih di Medangkamulan, patih Jakapuring sangat giat mengembangkan dan memajukan pertanian, antara lain dengan mengadakan bibit – bibit yang belum ada, seingga pertanian di Negara Medangkamulan berkembang dan maju dengan pesatnya. Namun pada zaman itu juga banyak raksasa-raksasa yang mengganggu pertanian, namun semua ini dapat diatasi oleh Patih Jakapuring, pada akhirnya Patih Jakapuring menjadi raja di Negara Gilingaya dengan nama Prabu Hiranyarudra.

Jambumangli

Jambumangli adalah seorang panglima perang di Negara Alengka, ketika itu putri Prabu Sumaliraja yakni Dewi Sukesi usianya sudah remaja dan waktunya dipinang oleh pria. Maka dengan ini Jambumangli mengadakan sayembara perang atas perintah Sumaliraja. Namun banyak raja-raja yang mengikuti sayembara tak berhasil mengalahkan Jambumangli, dalam hati kecil sang senapati sebetulnya ada rasa cinta yang tertananm dalam hati Jambumangli. Tiba-tiba datanglah Begawan Wisrawa datang mengikuti sayembara atas nama anaknya Prabu Danapati, akhirnya Jambumangli mati dengan tubuh terpotong-potong.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading