Dewabrata, Dewa Ruci dan Dewi Sumitra

Saturday, May 16, 2015

Dewabrata


 Dewabrata adalah putra Prabu Sentanu dengan seorang Bidadari Batari Gangga, Raden Dewabrata adalah seorang ksatria yang terkenal dan sakti ia menjalani hidup sebagai seorang Brachmacari/wadat demi kebahagiaan ayahnya untuk meminang seorang putri Wirata Dewi Durgandini, dari hal inilah Dewabrata hidup wadat dan tak akan menjadi Raja. Namun Dewabrata dihari tuanya gugur dimedan laga oleh perbuatannya ketika masih Dewabrata yakni terkena karmanya yang ketika itu telah dengan tidak sengaja membunuh dewi Amba yang mencintainya, akhirnya sukma Dewi Amba menyatu dengan Srikandi dan berhasil membunuh Bisma.

Dewa Ruci

 Dewa Ruci adalah seorang dewa kerdil, tersebutlah sebuah cerita yang ketika itu Raden Bratasena berguru kepada Pandita Durna, pada suatu ketika Raden Bratasena menanyakan tentang ilmu Sangkan Paraning Dumadi. Namun oleh Pandita Durna ditipu yang sebetulnya Durna tidak tahu menahu tentang ilmu tersebut, oleh Durna siswanya yakni Bratasena disuruh mencari dilaut selatan namun Bratasena dengan tekad yang membaja dan didasari dengan hati yang tulus suci walaupun ia ditipu namun malah mendapat anugerah dari Dewata, Bratasena bertemu dengan dewa Ruci yang kemudian diwejang dengan ilmu Sangkan Paraning Dumadi.

Dewi Sumitra

Dewi Sumitra adalah istri Prabu Dasarata penguasa Negara Ayodya, dari pasangan tersebut lahirlah Raden Lesmana Murdaka/Lesmana Widagda, namun putra Dewi Sumitra sangat lengket dengan kakaknya yakni Raden Ramawijaya, kedua satria ini merupakan pasangan titisan Barara Wisnu menjaga keseimbangan ketentraman alam Mayapada dari gangguan angkara murka. Dari pasangan satria ini yang utama adalah membasmi dan menumpas kejahatan, keangkaramurkaan Prabu Dasamuka raja Alengka yang berani merampas istri Ramawijaya.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading